SAMBUTAN KAPRODI TPM

 

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena rahmat dan karunia-Nya sehingga Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik Politeknik ATMI Surakarta dapat berkembang dan dipercaya masyarakat / industri.

Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik adalah Program Studi Unggulan D3 Teknik dengan Akreditasi A, di bawah naungan Politeknik ATMI Surakarta, yang mempunyai visi : menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam menghasilkan Ahli Madya Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin yang kreatif dan inovatif di bidang desain manufaktur pada tahun 2020, dengan kemampuan leadhership yang memiliki etika dan integritas, dan mampu menciptakan sinergi, kebersamaan sosial dan tanggung jawab sosial pada lingkungan.

Dalam pengembangannya, Program  Studi Teknologi Perancangan Mekanik telah menjalin kerjasama atau Link and Macth dengan berbagai Pihak, baik dunia Industri maupun dunia akademis, baik lokal maupun Internasional. Suasana industri yang nyata dihadirkan melalui kolaborasi industri di dalam pembelajaran di kampus, dengan menghadirkan pekerjaaan desain pesanan industri yang sesuai dengan tuntutan industri senyatanya. Pekerjaan ini merupakan wujud dari sistem Production Based on Education and Training (PBET), yang diterapkan di Politeknik ATMI Surakarta. Pekerjaan desain mahasiswa sudah mampu dipasarkan hingga taraf internasional, melalui kerjasama denga perusahaan Jepang.

Upaya inilah yang menjadikan harapan kedepan Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik menjadi sebuah Program Studi yang unggul, dan menjadi pilihan favorit masyarakat dalam melanjutkan studinya setelah lulus dari SMK/SMA.

Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik didukung dengan staf pengajar usia muda lulusan perguruan tinggi ternama di Indonesia, dan dengan pengalaman pendidikan non formal baik di dalam maupun luar negeri. Dengan didukung staf pengajar yang berkualitas maka perkembangan Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik akan lebih cepat dalam mengakselerasi perkembangan industri maju di Indonesia.

Sebagai buah dari kualitas pembelajaran yang baik, prestasi yang diperoleh Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik di ajang kompetisi lomba desain tingkat nasional cukup banyak, diantaranya: Juara 3 Mechanical Design Competition 2017 di UGM, Juara 3 Tractor Design Competition 2018 di UNNES, Juara 2 dan 4 Design Innovative Competition 2018 di UNY.

Lulusan Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik sudah siap kerja, terbukti dari masa tunggu yang sangat pendek, bahkan mayoritas mahasiswa sudah bisa dipastikan posisi penempatan kerjanya di perusahaan sebelum wisuda. Program studi Teknologi Perancangan Mekanik membekali lulusannya dengan Sertifikat Kompetensi LSP dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi, dan Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI), sebagai bekal legalitas tambahan selain Ijazah.

Sebagai penutup, mari kita gerakkan semangat untuk membangun industri di Indonesia, dengan cara mengembangkan pendidikan vokasi. “Kobarkan Api Vokasi Indonesia”.

Demikian, sambutan ini disampaikan. Terimakasih. Ad Maiorem Dei Gloriam.

Surakarta, 1 Maret 2019

Ketua Program Studi Teknologi Perancangan Mekanik
Politeknik ATMI Surakarta

Perwita Kurniawan, ST.,M.Eng